Apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan bumi (global warming)..? itu pertanyaan sederhana tapi terlalu mengawang. Tapi sesungguhnya semua manusia harus bertanggung jawab terhadap keberlangsungan alam agar lestari (sustainable resourses).   Kalau Pemprop DKI Jakarta mengeluarkan PERDA yang mengurangi pencemaran/polusi dengan Larangan Merokok di tempat umum rasanya syah saja. Saya sering kasihan dengan “ahli hisap” atau “ahli falak” ini ketika di Jakarta.  Merasa dipojokkan, dipinggirkan karena kalau ingin merokok harus ditempat khusus dipojok-pojok ruang tunggu atau dipinggir koridor bandara. 

Ada pelajaran bagus dari negara kecil Singapore tentang ini.  Pertama, kalau anda merokok ditempat umum misal di stasiun kereta bawah tanah atau subway MRT maka akan didenda 1000 Sing $ atau 6,9 juta. Kedua, lebih baik mengurug laut daripada menebang pohon apalagi menyulap hutan kota menjadi mall atau hotel.

Nah, kembali ke persoalan apa yang bisa kita lakukan sebagamana iklan di KOMPAS, Aksiku untuk Bumi maka mulai dari hal yang kecil saja lah., semisal menanam pohon mangga dihalaman rumah, bertekad tidak merokok seumur hidup, dll.