ibnu

Ibnu Sina (tengah) bersama Mrs Sheila Fougere (Councillor of Halifax), Stephen Feist (Municipal Advisor Province of Nova Scotia), Prof Jack Novack (Dalhausie University), dan Lloyd Hines (Councillor/Warden Municipality of Guysbouough) – Canada

Workshop IPAC-Depdagri: Peningkatan Kapasitas Tata Penyelenggara Pemerintahan Daerah, kerjasama Badan Diklat Depdagri dan International Public Administration of Canada (IPAC), tema yang dibahas juga menarik dalam rangka mendukung peran Anggota DPRD untuk mewujudkan Tata Pemerintahan yang baik, berlangsung tgl 3 – 6 Maret 2008 di Hotel Bumikarsa Bidakara Jakarta

Ibnu Sina selaku Ketua Komisi 1 DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menjadi salah satu peserta terpilih dari seluruh Indonesia. Peserta terdiri dari unsur Sekda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta DPRD. Selain menggali pengalaman pemerintahan di beberapa daerah juga dipaparkan wawasan pembanding tentang pengalaman pemerintah Canada dalam pengembangan kapasitas penyelenggara pemerintahan daerah.

Narasumber Workshop sangat berkompeten diantaranya Gubernur Gorontalo Ir Fadel Muhammad, Gubernur Sumbar Ir Gamawan Fauzi dan Gubernur Kalteng A Teras Narang, SH dan Ketua DPRD Prov. Sumsel dan DPRD Sumbawa Barat. Pengalaman internasional dan para pakar untuk program pengelolaan pemerintahan di daerah dan juga pengembangan kapasitas penyelenggara pemda, kebutuhan dan metode pelatihannya didapat juga dari Stephen Feist (Municipal Advisor Province of Nova Scotia), Prof Jack Novack (Dalhausie University of Canada), 2 orang Anggota DPRD Canada yaitu Lloyd Hines (Councillor/Warden Municipality of Guysbouough) dan Sheila Fougere (Councillor of Halifax, yang saat ini mencalonkan diri menjadi Walikota Halifax), Pakar Pendidikan Prof DR Yusuf Hadi Miarso, Med dan Prof DR Indria Samego dari LIPI.

Model Pemerintah Canada sangat menarik untuk dicermati khususnya Provinsi Nova Scotia dan Kota Halifax untuk pengembangan kapasitas penyelenggara pemerintah daerah baik yang dipilih maupun yang ditunjuk (legislatif dan eksekutif). Untuk meningkatkan SDM dan kapasitas mereka bekerjasama dengan Dalhausie University dan Alberta University untuk program Distance Education atau Model Pendidikan Jarak Jauh yang telah diikuti oleh 500 peserta secara online.

Model ini akan diadopsi dan menjadi rekomendasi kepada MenPAN yaitu model peningkatan kapasitas dengan Program Belajar Berjaringan yang dikelola oleh Depdagri dan bekerjasama dengan semua DPRD seluruh Indonesia secara online.