60 jenis perizinan dilayani satu pintu: mulai IMB, HO, SIUP sampai ijin Kuasa Pertambangan dilayani hanya oleh 20 orang, itulah Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) Kota Cimahi.

Soal pelayanan public. Dalam lingkup yang lebih praktik di masyarakat ketika berurusan dengan kelurahan atau desa pernahkah anda mengurus KTP atau Kartu Keluarga? Berapa lama anda harus menunggu untuk mendapatkan KTP atau KK tersebut? Kalau yang ingin cepat langsung “tembak ditempat”.. ! tinggal setor 30 ribu atau lebih besoknya KTP anda sudah selesai. Tapi tahu kah anda bahwa ada penduduk yang harus menunggu 1 tahun lebih..!! hanya untuk mendapatkan “katepe” itu. Yah macam-macam alasan dari petugas kelurahan itu.. Komputer macet lah, blangko habis lah, lagi diurus di kantor camat lah, de el el.

Dibeberapa tempat sudah mulai ada perbaikan. Media Indonesia menuliskan di Sragen lebih cespleng lagi. Jika semua persyaratan lengkap anda tak perlu menunggu lama, cukup 5 menit…!!! Anda sudah dapat KTP dengan harga terjangkau, sudah standar, dan dilayani dengan ramah. Mudah bukan? Ulun membayangkan itu terjadi di banua kita, tetapi ternyata masih jauh dari kenyataan. Inspektorat provinsi Kal sel ketika ditanya tentang Good Governance khususnya pelayanan publik ini menjelaskan, kita pa sudah menghadirkan Kepala PTPS Sragen ke Banjarmasin saat pelatihan kemaren..!

Nah, ahlinya sudah datang, ilmunya sudah dikuasai, tapi kapan realisasinya?? Kalau meniru sebuah iklan itu, MANNAAA EKSPRESSINYAAA? Kunci pelayanan publik yang cepat, murah, dan ramah itu ternyata ada pada kemauan aparat, bukan pada embel-embel lainnya. Dan itu bermula pada mainset, sikap moral untuk melayani. Mentalitas birokrasi yang ingin dilayani menjadi penghalang pelayanan publik ini. Harigini masih mau dilayani? Sorry men.. Dunia sudah berubah, nanti kita buatkan Perda Pelayanan Publik dulu kata Ketua Komisi 1 DPRD Kal Sel. Apa iya.. kalau yang ada dikepala aparat masih bersemayam kaidah ”jika bisa dipersulit mengapa harus dipermudah” maka tak usah lah ente berharap reformasi birokrasi ini berjalan ke arah yang benar.